Selasa, 14 Januari 2020

Kisah Legenda Di Jepang Yang Bernama Teru Teru Bozu | TEMPATWISATA

Kisah Legenda Di Jepang Yang Bernama Teru Teru Bozu

TEMPATWISATA

Tradisi menggunakan pawang hujan ternyata tak hanya eksis di Indonesia, Jepang juga punya cara menangkal hujan pakai boneka Teru Teru Boza.


BANDAR DOMINO - Memasuki musim penghujan, biasanya ada saja orang yang meminta bantuan pawang hujan untuk menangkal atau menunda hujan turun, hal ini biasanya dilakukan sebelum penyelenggaraan acara outdoor, mitos-mitos seperti membalikkan sapu atau tidak mandi sebelum acara, cukup populer di Indonesia.

DOMINO QQ - Uniknya metode pawang hujan ini juga ada di Jepang, mereka menggunakan boneka yang disebut Teru Teru Bozu.

AGEN DOMINO - Teru Teru Bozu adalah boneka tradisional Jepang yang dipercaya bisa menangkal atau mendatangkan hujan, bila traveler menonton seriel Jepang, mungkin pernah melihat boneka kain berwarna putih dengan kepala gundul yang digantungkan di atap atau jendela rumah, nah, itulah Teru Teru Bozu.

BANDAR CEME - Teru Teru Bozu biasanya dibuat sehari sebelum orang hendak bepergian atau sehari sebelum acara, boneka ini digantung dengan tujuan keesokan harinya cuaca akan cerah, namun bila Teru Teru Bozu dipasang dengan kepala ada di bagian bawah alias terbalik, itu berarti orang yang memasang ingin agar hujan turun.

Kisah Di balik Teru Teru Bozu


AGEN CEME - Dilansir dari berbagai sumber, ada legenda yang menjelaskan asal muasal munculnya Teru Teru Bozu.

BANDAR POKER - Alkisah, pada suatu hari terjadi hujan lebat yang diiringi sambaran petir, saat itu tiba-tiba muncul suara dari langit yang memperingatkan bahwa kota akan segera tenggelam jika seorang gadis muda cantik tidak keluar rumah.

BANDAR POKER - Pada kondisi genting tersebut, seorang gadis akhirnya muncul, ia dikorbankan dan keluar rumah dengan sebuah sapu sebagai simbol bahwa ia akan menyapu hujan dari langit.

AGEN POKER - Untuk mengingat pengorbanan gadis ini, gadis-gadis lain membuat sosok gadis tersebut dari potongan kertas tisu atau kain lalu digantung di luar atau di dekat jendela guna menangkal hujan.

BANDAR DOMINO - Gadis pemberani itu dikenal sebagai So Chin Nyan atau Souseijou, namun kini sosoknya lebih dikenal sebagai Teru Teru Bozu.

DOMINO QQ - Selain legenda tersebut, ada juga versi lain dari sejarah munculnya Teru Teru Bozu.

AGEN DOMINO - Dilansir dari awak media, Teru Teru Bozu sebenarnya berasal dari Tiongkok, boneka ini menyerupai gadis kecil yang membawa sapu atau disebut Soseijo.

BANDAR CEME - Boneka itu kemudian dibawa ke Jepang pada zaman Heian, saat masuk ke Jepang, ada perubahan bentuk dari gadis kecil menjadi Bozu atau biksu Buddha, penyesuaian ini dilakukan karena di Jepang, para biksu melakukan ritual yang berkaitan dengan cuaca seperti permohonan hujan atau cuaca cerah.

AGEN CEME - Dahulu, Teru Teru Bozu juga dipercaya masyarakat Jepang bias digunakan untuk mengusir roh jahat yang disebut Nanten, oleh sebab itu, boneka ini kerap digantung di pohon.

BANDAR POKER - Ketika cuaca menjadi cerah, orang-orang akan menggambar mata dan mulut pada boneka, kemudian sake dituangkan ke kepala boneka lalu boneka dilabuhkan ke sungai.

BANDAR POKER - Pada zaman Edo, eksistensi Teru Teru Bozu terlihat dari penggunaannya pada motif kertas Jepang, selain itu, boneka ini juga muncul dalam cerita rakyat.

Cara membuat Teru Teru Bozu


AGEN POKER - Siapapun bisa membuat Teru Teru Bozu dengan bahan dan cara yang mudah, cukup siapkan tisu atau kain berwarna putih, bentuklah tisu atau kain sampai seperti bola, nantinya bagian ini akan menjadi kepala Teru Teru Bozu, kemudian tutupi bola itu dengan tisu atau kain lagi, pasangkan tali di bawah kepala Teru Teru Boza, lalu gambarkan mata serta mulut di kepala Teru Teru Bozu.

BANDAR DOMINO - Jika sudah, Boneka Teru Teru Bozu siap digantung, sembari digantung, anak-anak di Jepang biasanya akan menyantikan lagu berjudul Teru Teru Bozu untuk menyemarakkannya.

Inilah Lyric Lagu Yang Dinyanyikan Oleh Warga Jepang Kepada Teru Teru Bozu

Lirik dalam bahasa Jepang:

Teru-teru-bōzu, teru bōzu
Ashita tenki ni shite o-kure
Itsuka no yume no sora no yō ni
Haretara kin no suzu ageyo

Teru-teru-bōzu, teru bōzu
Ashita tenki ni shite o-kure
Watashi no negai wo kiita nara
Amai o-sake wo tanto nomasho

Teru-teru-bōzu, teru bōzu
Ashita tenki ni shite o-kure
Sorete mo kumotte naitetara
Sonata no kubi wo chon to kiru zo


Lirik dalam bahasa Indonesia

Biksu biksu botak, biksu botak.
Buatlah esok hari menjadi cerah untukku
Seperti mimpiku pada suatu waktu
Jika cerah, kuberi kamu bel emas.

Biksu biksu botak, biksu botak.
Buatlah esok hari menjadi cerah untukku
Kabulkan keinginanku
Lalu kita minum sake

Biksu biksu botak, biksu botak.
Buatlah esok hari menjadi cerah untukku
Kalau mendung dan kamu nangis (baca: hujan)
Kan kupotong kepalamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi | TEMPAT WISATA

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun M...