Jumat, 21 Februari 2020

Beginilah Penampakan Sungai Banjir Kanal Barat Semarang Yang Di Ubah Menjadi Tempat Wisata | TEMPATWISATA

Beginilah Penampakan Sungai Banjir Kanal Barat Semarang Yang Di Ubah Menjadi Tempat Wisata

TEMPATWISATA

Sungai Banjir kanal Barat (BKB) Semarang disulap menjadi salah satu destinasi wisata Jawa Tengah, Mulai dari area hijau sampai air mancur menari ada di sana.


BANDAR DOMINO - Banjir Kanal Barat merupakan sistem drainase besar pertama di Kota Semarang yang beroperasi pada tanggal 23 Januari 1879, Nama 'Bandjirkanaal' merupakan bahasa Belanda yang dalam bahasa indonesia artinya saluran banjir.

DOMINO QQ - "Maka sebagai saluran banjir, dalam penanganan banjir di kota Semarang ke sininya, normalisasi Banjir Kanal Barat menjadi penting, untuk dapat berfungsi maksimal kembali, sehingga, kemudian mulailah Banjir Kanal Barat dinormalisasi sampai selesai tahun 2013." ujar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

AGEN DOMINO - Bersinergi dengan pemerintah pusat, Pemerintah Kota Semarang menggarap sektor wisata di sana, menurut Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu daerahnya tidak memiliki wisata pantai pasir putih dan gunung tinggi sehingga harus mencari daya tarik lain untuk wisata.

BANDAR CEME - "Maka dari itu kemudian kami merinci satu per satu, dari Banjir Kanal Barat yang sudah selesai dinormalisasi, sisi-sisi mana yang bisa digarap, mulai dari memfungsikan jalan inspeksinya sebagai ruang aktivitas warga, seperti dengan dilengkapi jogging track, atau juga mempercantik jembatan-jembatannya, seperti dengan adanya Semarang Bridge Fountain." ujarnya.

AGEN CEME - Tepi, sungai BKB Semarang kini bisa untuk bersantai dan olahraga, tiap pagi atau sore sejumlah perempuan juga membawa speaker besar untuk mengiringi senam di Bendungan Plered-nya ada tempat santai berupa taman yang cukup instagramable.

BANDAR POKER - Makin malam, cahaya lampu dari jembatan-jembatan di sana mempercantik suasana, termasuk dengan adanya Semarang Bridge Fountain dimana air mancur menari warna-warni.

BANDAR POKER - "Kami beberapa kali menyelenggarakan festival Banjir Kanal Barat dengan di dalamnya ada parade perahu hias." tutur Hendi.

AGEN POKER - Wisata air juga sedang dikembangkan di sana, namun menurut Hendi ada masalah ketika ada air surut maka wisata air tida bisa maksima, kini sudah ada bendung gerak di BKB Semarang yang menjaga ketinggian air, di tepinya pun dibangun taman berukuran kecil.

BANDAR DOMINO - "Hal ini kemudian kami komunikasikan ke pusat, dan akhirnya sekarang Banjir Kanal Barat sudah dilengkapi dengan bendungan karet, yang fungsinya untuk menjaga ketinggian air, sehingga saat ini wisata airnya bisa lebih optimal lagi digarap, juga untuk fasilitas olah raga air." ujar Hendi.

DOMINO QQ - Dalam laman Direktorat Jendral Sumber Daya Air Kementrian PUPR menyebut pada saat musim hujan, bendung ini akan berfungsi menahan aliran air sungai yang masuk KBB dan pada saat elevasi 2,5 meter, kemudian akan dialirkan ke laut, sementara saat musim kemarau, bendung sepanjang 155,5 meter tersebut berfungsi sebagai penampungan air atau long storage berkapasitas 700.000 m3.

AGEN DOMINO - Bendung KKB yang memiliki 4 span pintu dikerjakan sejak November 2017 lalu oleh kontraktor PT Adhi Karya dari PT. Minarta Kerjasama Operasi (KSO) dengan nilai kontrak Rp 147.24 Milliar, bangunan ini juga dilengkapi dengan rumah pompa dan rumah jaga untuk operasionalisasi bendung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi | TEMPAT WISATA

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun M...