Selasa, 28 Januari 2020

Beginilah Jepang, Warga Yang Kelelahan Bekerja Hingga Tidur DI Tempat Umum | TEMPATWISATA

Beginilah Jepang, Warga Yang Kelelahan Bekerja Hingga Tidur DI Tempat Umum

TEMPATWISATA

Pernah lihat warga Jepang ketiduran di tempat umum? Ketiduran bukanlah hal yang begitu saja terjadi, tapi ini wujud kerja keras warga Jepang yang rendah hati.


BANDAR DOMINO - Kehidupan Jepang yang disiplin dan keras membuatnya dikenal sebagai negara maju, warganya yang 'hobi' kerja menjadi cerminan bahwa hanya yang bekerja keras yang bisa hidup di sana.

DOMINO QQ - Melalui catatan BBC, orang-orang jepang sangat bangga dengan kebiasaan mereka yang super sibuk, lembur sampai tengah malam, kemudian kembali bekerja pada pagi hari.

AGEN DOMINO - Rutinitas yang tiada henti seakan membuat mereka sebagai robot untuk bekerja saja, mereka mengakui bahwa gila kerjas sudah seperti candu yang mendarah daging.

BANDAR CEME - Meski tak sedikit yang mengeluh karena terlalu lama bekerja, mereka tetap menggangap itu suatu kebangaan, ada tropi yang kasat mata tiap kali membicarakan soal kegilaan mereka dalam bekerja.

TEMPATWISATA


AGEN CEME - Kebiasaan kurang tidur tidak membuat tubuh jadi lebih baik, mau tak mau, tubuh akan mencuri waktu untuk istirahat di siang hari, pemandangan warga yang sedang tidur di tempat umum sudah menjadi hal yang biasa.

BANDAR POKER - Tidur di tempat umum ini dikenal dengan nama Inemuri, nama ini sebenarnya adalah dua aksara China "I' memiliki arti hadir, sedangkan 'Nemuri' artinya tidur.

BANDAR POKER - Menurut konsep Erving Goffman dalam 'Keterlibatan dalam situasi sosial.' kita terlibat dalam taraf tertentu dalam setiap situasi melalui bahasa tubuh dan ekspresi verbal, akan tetapi kita juga punya kapasitas untuk membagi kesadaran pada keterlibatan dominan subordinat.

AGEN POKER - Dalam konteks ini, inemuri dipandang sebagai keterlibatan subordinat yang diizinkan selama tidak menggangu situasi sosial saat itu, sama seperti melamun.

TEMPATWISATA


BANDAR DOMINO - Dalam tahap ini mereka juga mempertahankan kesan wajar dengan keterlibatan dominan melalui postur tubuh, bahasa tubuh, tata cara berpakaian dan sebagainya.

DOMINO QQ - Dengan kata lain, Inemuri bagai jadi bukti nyata bahwa orang tersebut telah bekerja keras sehingga kelelahan di siang hari.

AGEN DOMINO - Inemuri seakan jadi citra positif, bahwa orang tersebut telah bekerja keras semalaman, kemudian dia benci bangun kesiangan, sehingga harus tidur di tempat umum karena kelelahan.

BANDAR CEME - Bukan cuma orang dewasa yang menanggap Inemuri sebagai tanda mata positif baik anak-anak di sekolah pun memiliki nilai yang sama tentang Inemuri.

AGEN CEME - Anak-anak yang datang pagi, kemudian tidur di kelas seperti pendapat pengakuan bahwa semalaman ia telah belajar keras untuk mengulang materi pelajaran seakan teori tidur tepat waktu atau tidur di kamar jadi tanda kemalasan.

BANDAR POKER - Dalam perjalanan sejarah Jepang, orang terpelajar, terutama samurai muda akan dianggap berbudi luhur jika mengurangi waktu tidur untuk belajar, padahal prakteknya dinilai kurang efisien karena membutuhkan lebih banyak minyak lampu dan membuat mereka sering ketiduran esok harinya.

DOMINO QQ - Mengapa tak memaksimalkan waktu di siang hari? saat matahari bersinar terang dan badan sanggup untuk kerja keras?

AGEN DOMINO - Kembali lagi dengan Inemuri, mereka bukan cuma menganggap ini hal yang biasa, tapi juga nyaman untuk dilakukan.

BANDAR CEME - Kenyamanan ini timbul karena kebiasaan anak-anak Jepang yang masih tidur dengan orangtuanya sampai usia sekolah, tidur bersama dianggap perlu untuk membantu mereka tumbuh menjadi pribadi yang independen dan stabil.

TEMPATWISATA


AGEN CEME - Inilah yang membuat mereka nyaman ketika berada di tempat umum, warga lokal memberikan toleransi kepada mereka yang tertidur di transportasi umum atau tempat publik lainnya.

BANDAR POKER - Bahkan hadir saat rapat namun ketiduran dianggap lebih mulia dibandingkan tidak hadir, padahal orang yang ketiduran dan tidak hadir sama-sama kehilangan momen rapat.

BANDAR POKER - Di negara-negara lain, ketiduran sebenarnya sah-sah saja, biasanya orang yang ketiduran di waktu jam kerja akan dijadikan sumber lelucon pada saat kumpul atau dalam rapat.

AGEN POKER - Namun ketiduran di Jepang akan sangat dimaklumi, partisipasi dianggap lebih penting dari pada tidak hadir, kelelahan dan sakit namun memaksa hadir akan dianggap sebagai hasil dari kerja keras dan ketekunan.

BANDAR DOMINO - Tak ayal, banyak juga yang pura-pura Inemuri demi mendapatkan pengakuan, bukan cap malas, ketiduran macam ini jadi fitur informal kehidupan sosial orang Jepang yang dimaksudkan untuk memastikan seseorang melaksanakan tugas, mereka lebih suka dikatakan melakukan Inemuri daripada tidur, dua hal yang tampak sama padahal beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi | TEMPAT WISATA

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun M...