Kamis, 23 Januari 2020

Inilah Legenda Monster Yang Makan Orang Dan Tradisi Tahun Baru Imlek | TEMPATWISATA

Inilah Legenda Monster Yang Makan Orang Dan Tradisi Tahun Baru Imlek

TEMPATWISATA

Alkisah, pada zaman dahulu kala ada seekor monster mengerikan bernama Nian, menurut lengenda, akibat Nian itu pula lahir tradisi perayaan Tahun Baru Imlek.


BANDAR DOMINO - Seperti lazimnya festival tradisional di penjuru dunia, perayaan Tahun Baru China atau Imlek juga memiliki kisah dan mitosnya sendiri, salah satu yang populer adalah mengenai monster Nian.

DOMINO QQ - Dikutip dari ChinaHighlights.com dan sejumlah sumber lain, dikisahkan bahwa di zaman dahulu kala hiduplah sesosok monster yang namanya Nian (atau Nianshou), Kepalanya panjang dengan tanduk-tanduk runcing yang tajam.

AGEN DOMINO - Sepanjang tahun monster tersebut hidup di dasar laut, tapi setiap malam tahun baru China, ia keluar dari persemayaman dan memburu hewan ternak di desa terdekat, tak cuma itu, warga desa pun dimakannya.

BANDAR CEME - Oleh karena ancaman Nian, di hari Tahun Baru saat itu orang-orang desa akan mengungsi dulu sampai ke pelosok pegunungan terpencil, mereka pun senantiasa hidup dalam ketakutan.

AGEN CEME - Pada suatu masa, ketika seorang kakek tua bijak datang menyambangi desa tempat Nian biasa beraksi setahun sekali, Rambut orang tua ini sudah memutih, kontras dengan wajahnya yang kemerahan.

BANDAR POKER - Di saat Nian datang untuk kembali meneror desa, orang tua itu tetap bergeming di tempatnya ia tak ikutan sembunyi di pegunungan, nah, orang tua berambut putih ini ternyata malah sanggup mengusir Nian pergi.

BANDAR POKER - Sebelum Nian datang, orang tua itu rupanya sudah menempelkan beragam kertas merah di setiap pintu rumah, membakar batang-batang bambu guna memunculkan suara bergemeretak, menyalakan lilin di setiap rumah, dan memakai busana serba merah, ah, rupanya orang tua itu tahu rahasia Nian yang gentar dengan suara ingar-bingar dan ragam warna merah.

TEMPATWISATA


AGEN POKER - "Saat warga desa kembali, mereka kaget menemukan bahwa desanya tidak luluh lantak diamuk Nian seperti tahun-tahun sebelumnya, setelah itu, setiap malam Tahun Baru, mereka pun menuruti intruksi si orang tua bijak dan Nian tak pernah muncul lagi."

BANDAR DOMINO - Tradisi ini terus berlanjut, menyambut Tahun Baru Imlek, orang-orang akan memasang lentera dan lampion merah, ingar-bingar dari suara gemeretak batang bambu terbakar berganti jadi petasan dan kembang api, semua demi menghalau Nian.

DOMINO QQ - Yang menarik, Nian(/nyen/) alias 'Monster Tahunan' ini juga disebut punya bunyi dan karakter seperti 'tahun' di aksara China, dijelaskan ChinaHighlights.com Tahun Baru China pun disebut 'Guo Nian' yang bisa ditafsirkan 'Merayakan Tahun Baru' atau 'Mengatasi Nian'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi | TEMPAT WISATA

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun M...