Minggu, 02 Februari 2020

Raja Ampat : Legenda Empat Raja Yang Lahir Dari Telur | TEMPATWISATA

Raja Ampat : Legenda Empat Raja Yang Lahir Dari Telur

TEMPATWISATA

Nama Raja Ampat memang begitu lekat  dengan wisata surga di timur Indonesia, sebenarnya dari mana asal nama Raja Ampat?


BANDAR DOMINO - Siapa yang tidak terpesona dengan keindahan Raja Ampat? Beragam destinasi indah dengan alam yang luar biasa menjadikan Raja Ampat begitu populer di mata dunia.

DOMINO QQ - Selain keindahan alam dan surga bawah lautnya, Raja Ampat juga bikin penasaran dengan namanya, ternyata nama Raja Ampat berasal dari empat raja ajain yang lahir dari telur.

AGEN DOMINO - Dahulu kala ada sepasang suami istri yang bernama Alyab dan Boki Deni, mereka berdua tinggal di pinggir Sungai Wawage atau Kali Raja, secara administratif kini wilayah tersebut masuk dalam Kampung Wawiyai, Distrik Tiplol Mayalibit.



BANDAR CEME - Saat sedang berada di tepi sungai, sang istri, Beko Deni menemukan 7 butir telur, telur tersebut hendak dikonsumsi oleh Alyab, namun sang istri menghalanginya.

AGEN CEME - "Karena keinginan istrinya akhirnya telur-telur tersebut dibawa pulang oleh pasangan tersebut." tutur Hari Suroto, penelitian dari Balai Arkeologi Papua, Minggu.

BANDAR POKER - Saat disimpan, telur-telur tersebut tiba-tiba saja menetaskan bayi manusia, dari 7 telur ada 5 telur yang berhasil menetas, empat laki-laki dan seorang perempuan.

BANDAR POKER - Satu telur menetas namun menjelma menjadi roh atau makhluk halus, sedangkan yang satu lagi menetas menjadi sebuah batu, batu yang lahir dari telur ini diberi nama Batu Telur Raja dan masih disimpan di Situs Kali Raja.

AGEN POKER - "Tersimpan dalam bangunan kecil, batu telur raja ini berwarna putih, dibaluti kain berwarna putih dan sebuah kelambu putih." ujar Hari.

BANDAR DOMINO - Kembali lagi pada 5 telur yang menetas menjadi manusia, 4 anak laki-laki yang lahir kemudian menjadi penguasa dari daerah tersebut dengan gelar FUN.

DOMINO QQ - "Mereka diberi nama Fun Giwar, Fun Tusan , Fun Mustari dan Fun Kilimuri, sedangkan anak perempuan diberi nama Pin Tike." jelas Hari.

AGEN DOMINO - Pada mulanya mereka hidup bersama di Kali Raja, namun karena pertengkaran, keempat raka ini berpencar ke penjuru papua, Fun Giwar tetap tinggal di Kali Raja menjadi Raja Waigeo.

BANDAR CEME - Saudara kedua, Fun Tusan, mendirikan kekuasaannya di Salawati, sedangkan Fun Mustari pindah ke Pulau Misool, Raja keempat, Fun Kilimuri memisahkan diri ke Pulau Seram.



AGEN CEME - "Sedangkan Pin Take, saudara perempuan raja, menurut mitos hamil tanpa suami ketika dewasa." lanjut Hari.

BANDAR POKER - Hal ini membuat malu saudara-saudaranya, oleh karena itu, empat raja ini berunding untuk menghanyutkan Pin Take ke laut, namun Pin Take terdampar dan selamat di Pulau Numfor.

BANDAR POKER - Pin Take bertemu dengan seorang tokoh mitos Biak-Numfor dan menikah dengannya, sebulan kemudian, Pin Take melahirkan anak laki-laki yang diberi nama Gurabesi atau sering disebut Kurabesi.

AGEN POKER - Ketika Kurabesi besar, ia kembali ke Waigeo dan bersama pamannya, Fun Giwar Mereksopen, anak Fun Giwar, untuk membantu Raja Tidore berperang melawan Raja Ternate." sambung Hari.

BANDAR DOMINO - Dalam perang, Kurabesi berhasil merebut kemenangan melawan Tidore, sebagai hadiah perang, Kurabesi dinikahkan dengan putri Sultan Tidore, Boki Taiba.

DOMINO QQ - Kurabesi dan istrinya kemudian kembali dan menetap di Wawiyai, Waigeo, Raja Ampat sampai akhir hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi | TEMPAT WISATA

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun M...