Selasa, 10 Maret 2020

Beginilah Perkembangan Ekonomi Negara Dan Penyebebaran Virus Corona Di Indonesia | TEMPATWISATA

Beginilah Perkembangan Ekonomi Negara Dan Penyebebaran Virus Corona Di Indonesia

TEMPATWISATA

Total sejauh ini sampai ada 27 orang yang dinyatakan positif Corona, setelah 2 orang pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret lalu.


BANDAR DOMINO - DetikTravel akan menyajikan live report perkembangan virus Corona dan efeknya ke pariwisata Indonesia.

- 10 Maret, Pasien Corona Bertambah Jadi 27 Orang


DOMINO QQ - Pasien yang positif tertular virus Corona Covid-19 di wilayah Indonesia bertambah lagi, kini ada 27 pasien positif virus Corona di wilayah Indonesia.

AGEN DOMINO - "Demikian informasi pasien dari nomor 20 sampai 27." ujar Jubir Pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto kepada wartawan di istana Kepresidenan, Jakarta.

BANDAR CEME - Sejumlah pasien tertular di luar negeri, lalu masuk ke wilayah RI, namun ada juga tambahan pasien yang tertular di dalam negeri.

-Pangandaran Mulai Sepi


AGEN CEME - Kawasan wisata pantai Pangandaran Jawa Barat mulai terkena imbas virus Corona, pelaku usaha pariwisata mulai merasakan ada penurunan tingkat kunjungan.

BANDAR POKER - "Tiga hari lalu kami meminta pengelola hotel dan restoran di Pangandaran untuk mengirim data kunjungan, setelah kami rekap dan analisa, ada penurunan tingkat kunjungan sekitar 30%." ujar ketua BPC Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran, Agus Mulyana.

TEMPATWISATA


BANDAR POKER - Dia Mensinyalir penurunan tingkat hunian hotel ini terdampak oleh isu wabah virus Corona di tanah air, "Indikasinya banyak calon pengunjung hotel yang membatalkan pesanannya." ujar Agus.

-Hotel Mulai Rumahkan Karyawan


AGEN POKER - Penyebaran virus Corona di Indonesia telah menurunkan tingkat keterisian hotel atau okupansi hotel di Indonesia sampai ke level bawah, ada hotel yang okupansinya di bawah 30%.

BANDAR DOMINO - Untuk memangkas kerugian, hotel biasanya memangkas biaya operasinya mulai dari biaya tenaga kerja dan listrik yang menjadi penyumbang terbesar biaya hotel, ketua perhimpunan hotel dan restoran Indonesia (PHRI) Haryadi Sukamdani menyebutkan sudah ada hotel yang telah melakukan pembicaraan dengan tenaga kerja soal giliran kerja dan sebagian lagi ada yang sudah merumahkan karyawannya.

DOMINO QQ - "Kalau memang hotel tersebut menglami penurunan sampai 30% mereka rata-rata tidak akan mungkin survive tanpa melakukan pemotongan biaya secara signifikan, salah satu yang biasa lakukan pemotongan adalah tenaga kerja, dan listrik, biaya tenaga kerja dan listrik ini penyumbang terbesar biaya di sektor perhotelan, sekarang kondisinya hotel sudah mulai melakukan pembicaraan dengan karyawan untuk mengambil posisi yang terbaik untuk semua pihak khususnya untuk keberlangsungan perusahaan, sebagaian dari mereka menyepakati untuk bergiliran bekerja atau sebagian dirumahkan." tuturnya seperti dilansir dari CNBC Indonesia.

-9 Maret, Kapal Pesiar Australia Dilarang Sandar Di Sulawesi


AGEN DOMINO - Kapal pesiar Australia, Coral Adventure, ditolak masuk ke pelabuhan Tanjung Ringgit (PTR), Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan ke Pelabuhan Tanjung Bira, Bulukumba, hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

BANDAR CEME - "Konfirmasi sebelumnya kan memang kita mau terima, tapi semenjak ada begini (virus Corona) kita sepakat menolak." tutur Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali kepada awak media.

AGEN CEME - Kapal Coral Adventure disebut sudah berada di perairan sekitar Pelabuhan Tanjung Bira dan siap merapat sekitar pukul 08.00 WITA, namun pemerintah dan otoritas pelabuhan setempat akhirnya memutuskan melakukan penolakan.

-Pasien Melonjak Jadi 19 Orang


BANDAR POKER - Pemerintah mengumumkan lonjakan jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di wilayah Indonesia, kini pemerintah mengumumkan ada 19 pasien yang positif virus Corona.

BANDAR POKER - "Kasus yang terkonfirmasi positif sebanyak 19." ujar Jubir Pemerintah untuk urusan virus Corona, Achmad Yurianto, kepada wartawan di Istana Kepresidenan.

-Karyawan di Bali Digaji Setengah


AGEN POKER - Dampak virus Corona semakin terlihat di Bali, nyatanya, banyak pelaku usaha yang sepi dan upah karyawan dipotong setengah gaji, menurunnya pendapatan usaha memaksa komang Suaryasa, seorang pengelola usaha di Bali untuk memotong gaji pegawai yang kebanyakan bekerja dalam skema paruh waktu, "kami hanya bisa mengupah karyawan setengah gaji, itupun kami kurangi." ujarnya.

BANDAR DOMINO - Suaryasa berusaha optimistis jika kondisi ini tidak akan berlangsung lama, "Saya berharap secepatnya (Pulih), apalagi kami di Bali sudah membuat persembahan khusus untuk menolak bala." ujar Suaryasa.

-Kamar Hotel Kosong 70%


DOMINO QQ - Ketum PHRI Pusat Hariyadi Sukamdani mengatakan semenjak ada kasus positif baru Corona pada 6 Maret 2020, tak ada perubahan soal tingkat okupansi hotel di Indonesia, berdasarkan catatan Hariyadi hingga akhir Febuari 2020, untuk Batam dan Bintan, tingkat keterisian hotel pada Januari dan Febuari 2020 turun jadi 30-40% jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, rata-rata okupansi atau tingkat keterisian saat ini anjlok hanya berkisar 20-30%, itu artinya 70% kamar kosong.

-8 Maret, 14 Kapal Cruiser Batal Berlayar di Bali


AGEN DOMINO - Wabah virus Corona sudah menyebar di beberapa negara termasuk Indonesia, ada 14 kapal Cruise yang sudah membatalkan untuk bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali.

BANDAR CEME - "Sesuai dengan data yang kami terima, ada 14 kapal yang sudah membatalkan kedatangannya di Pelabuhan Benoa." ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa, Agustinus Maun, Pada minggu.

-8 Maret, WNI Positif Corona Bertambah Lagi Jadi 6 Orang


AGEN CEME - Kasus positif virus Corona di Indonesia kembali bertambah, setelah sebelumnya 4 orang dinyatakan positif, kini 2 orang lagi terjangkit virus Corona.

BANDAR POKER - "Hari ini dari hasil (Pemeriksaan), 2 kasus positif, yang pertama kasus 5 laki-laki 55 tahun, ini adalah hasil pemeriksaan lanjutan dari kasus kluster Jakarta, yang tadi kita lakukan suspect bahwa yang bersangkutan confirm positif covid-19." ujar Jubir Pemerintah untuk Penanganan virus Corona Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan.

TEMPATWISATA


BANDAR POKER - "Kemudian kasus 6 laki-laki 36 tahun, Imported case dia dapat dari Jepang yang dia dapatkan waktu bekerja ABG ABK di diamond princess." imbuhnya Yuri menyebut kondisi pasien kasus 5 dan kasus 6 stabil.

"Stabil, tidak demam, tidak batuk, tidak pilek, kondisi baik." tuturnya.

-7 Maret, Hunian Hotel Turun


AGEN POKER - Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (BPD PHRI) Sulawesi Selatan (Sulsel) merilis tingkat hunian hotel turun hingga 20% sejak maraknya pemberitaan virus Corona di Indonesia.

BANDAR DOMINO - Ketua PHRI Sulsel Anggiat Sinaga, yang dihubungi detikcom, mengatakan selain tingkat hunian rata-rata di sejumlah hotel di Makassar hanya 40 sampai 43%, dampak virus Corona juga merugikan pihak hotel akibat banyaknya reservasi event (acara) yang dibatalkan karena khawatir dengan virus Corona.

DOMINO QQ - "Gara-gara isu Corona ini, ada event kedokteran internasional yang rencananya di gelar di salah satu hotel di Makassar Agustus nanti, di-cancel (dibatalkan), dan manajemen hotel diminta untuk membuat pernyataan kegiatan di-cancel akibat isu corona dan panitia dibebaskan dari biaya pinalti." tutur Anggiat.

TEMPATWISATA


AGEN DOMINO - Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Cianjur Nano Indra Praja menambahkan virus Corona secara otomatis akan melumpuhkan tingkat pariwisata di Kabupaten Cianjur, bahkan untuk secara keseluruhan hotel yang tergabung di PHRI, tingkat hunian hingga saat ini menurun sampai 35%.

"Untuk Febuari ini sekitar 35 persen okupansi hotel turun." ujarnya.

-Wisman Ke Borobudur Turun 30%


BANDAR CEME - Wisatawan mancanegara di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, turun 30%, penurunan tersebut terjadi seiring dengan dampak virus corona.

AGEN CEME - Berdasarkan data yang ada, jumlah kunjungan wisman pada bulan Januari dan Febuari tahun 2018, 2019 dan 2020 bisa sebagai bahan perbandingan.

BANDAR POKER - Adapun pada tahun 2018 bulan Januari ada 16.907 wisman dan Febuari ada 21.505 orang, kemudian pada tahun 2019, pada bulan Januari ada 13.398 orang dan Febuari ada 16.642 orang wisman, sedangkan pada tahun 2020 kunjungan wisman bulan Januari ada 15.603 orang dan Febuari 11.506 wisman.


TEMPATWISATA

BANDAR POKER - Sekretaris Perusahaan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari mengatakan, terkait virus Corona berdampak terhadap jumlah kunjungan wisman menurun, penurunan yang terjadi sampai 30%.

AGEN POKER - "Ya pasti dampaklah, kunjungan, pasti jelas wisman menurun, kalau dibandingkan dengan tahun lalu sampai dengan Febuari itu, kita turun sampai 30%, tahun lalu ya, kalau dibandingkan di Borobudur, semua, Prambanan juga sama, kita semua 30% turun." ujar Emilia di Candi Borobudur.

-Jumat 6 Maret, Sabang Marine Festival Ditunda


BANDAR DOMINO - Event Sabang Marine Festival (SMF) 2020 yang rencananya bakal digelar pertengahan Maret mendatang diputuskan bakal ditunda, panitia sudah menyampaikan kabar penundaan tersebut ke peserta dari sejumlah negara.

DOMINO QQ - "SMF 2020 ditunda hingga selesai West Sumatera Rally diperkirakan pada bulan September, dan nanti akan diumumkan kembali." ujar Deputi Komersial dan investasi BPKS, Agus Salim saat dikonfirmasi.

TEMPATWISATA


AGEN DOMINO - Kegiatan SMF 2020 digelar oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) di Sabang dan rencananya akan berlangsung pada 15-19 Maret, ada sejumlah Agenda yagn sedianya dibuat di antaranya yaitu yacht parade, Sabang dan Banda Aceh City Tour, Captain Dinner dan lainnya.

-12 Ribu Penerbangan Dibatalkan


BANDAR CEME - Sebanyak 12.703 penerbangan periode Januari-Febuari 2020 harus ambyar alias dibatalkan gegara virus Corona, jumlah penerbangan itu ialah penerbangan yang melalui bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I di 15 bandara.

AGEN CEME - Direktur Utama Angkasa Pura | Faik Fahmi merinci, penerbangan yang dibatalkan terdiri dari 11.680 penerbangan dometik dan 1.023 penerbangan internasional.

BANDAR POKER - "Dari data statistik kita Januari-Febuari saja di 15 bandara yang dikelola AP I ada sekitar 12.703 penerbangan dicancel, "katanya di Kementrian BUMN Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi | TEMPAT WISATA

Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun Masih Sepi Mall Dan Taman Bermain Mulai Dibuka Kembali Di Jakarta Namun M...